TP PKK Desa Sokosari Menjadi Perwakilan Dari Kecamatan Soko Dalam Lomba Simulasi Dan Pemilihan Duta Cepak Kabupaten Tuban

  • Nov 01, 2023
  • Sokosari

Pokja I Tim Penggerak PKK Kabupaten Tuban menggelar lomba simulasi dengan tema Peran Karang Taruna Dalam Penanggulangan Stunting Melalui Cegah Perkawinan Anak (Cepak) yang akan dilaksanakan di  20 kecamatan se- Kabupaten Tuban.

TP PKK Desa Sokosari menjadi perwakilan dari Kecamatan Soko yang berpartisipasi sebagai peserta Lomba Simulasi dan Pemilihan Duta Cepak Kabupaten Tuban yang dilaksanakan di Balai Desa Sokosari, Selasa (31/10).

Sesuai dengan tema yang di angkat, lomba ini mensimulasikan bagaimana peran pemuda pemudi khususnya yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna dalam penanggulangan stunting melalui pencegahan pernikahan pada usia anak. Dalam isu perkawinan anak, Karang Taruna dapat melaporkan kepada pihak berwenang jika terjadi pemaksaan perkawinan pada usia anak, serta berperan aktif dalam mendukung program pemerintah dalam pencegahan perkawinan pada usia anak.

Sebab berdasar studi WHO, salah satu penyebab masalah stunting  di Indonesia adalah maraknya pernikahan anak. Saat melakukan sebuah pernikahan, perempuan yang masih berusia remaja secara psikologis belum matang, serta belum memiliki pengetahuan yang cukup mengenai kehamilan dan pola asuh anak yang baik dan benar.

Perempuan yang hamil di bawah usia 18 tahun dan organ reproduksinya belum matang, hal itu berisiko tinggi mengganggu perkembangan janin dan bisa menyebabkan keguguran serta jika bayinya lahir, maka berpotensi untuk lahir dalam kondisi stunting.