MENJELANG PELAKSANAAN PEMILU 2024, PEMERINTAH DESA SOKOSARI MEMBERIKAN PEMBINAAN KEPADA SATLINMAS

  • Nov 18, 2023
  • Sokosari

Satlinmas secara lengkap seperti apa yang tertuang dalam pasal 1 ayat 3 Permendagri 84/2014 adalah Organisasi yang dibentuk oleh pemerintah Desa/Kelurahan dan beranggotakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Dalam pelaksanaan Pemilu kerap terdapat potensi gangguan keamanan, baik itu polarisasi politik atau perbedaan pendapat, politik identitas, politik uang, berita bohong (hoaks) dan ujaran kebencian. tugas Satlinmas pada masa Pemilu nanti tentu saja berperan aktif dalam membantu memelihara ketentraman, ketertiban dan kemanan dalam penyelenggaraan Pemilu berupa persiapan, masa kampanye, masa tenang, pemungutan suara di tempat pemungutan suara dan pengamanan hasil pemilu. Artinya, di setiap sesi Pemilu, Satlinmas terus memiliki peran dan tanggung jawab untuk kesuksesan Pemilu.

Terkait dengan persiapan pemilu tahun 2024, hari ini (18/11) Pemerintah Desa Sokosari melakukan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Linmas yang dilaksanakan di Balai Desa Sokosari yang ikuti oleh ±35 anggota Satlinmas Desa. Kegiatan pembinaan tersebut dibuka dengan sambutan dari bapak Kepala Desa Sokosari selaku penyelenggara dan selanjutnya dilanjutkan oleh Babinsa dan Babinkamtibmas sebagai narasumber.

Dengan dilaksanakannya pembinaan ini diharapkan anggota Satlinmas Desa siap untuk melaksanakan tugas dalam membantu memelihara ketentraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu yang akan dilaksanakan pada bulan Februari tahun 2024 mendatang.