PEMAPARAN TEKNIS TERKAIT PELAKSANAAN TES SELEKSI CALON PERANGKAT DESA SOKOSARI OLEH PIHAK KETIGA DAN PENUTUPAN PENDAFTARAN CALON PERANGKAT DESA TAHUN 2023

  • Oct 26, 2023
  • Sokosari

Tim Pengangkatan Perangkat Desa Sokosari resmi menutup Pendaftaran Calon Perangkat Desa Sokosari Tahun 2023 kemarin tanggal 25 Oktober 2023 tepatnya pukul 16.00 WIB di Balai Desa Sokosari sekaligus menghadirkan Pihak Ketiga yang digandeng sebagai mitra dalam Pelaksanaan Tes Seleksi Calon Perangkat Desa yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan November mendatang untuk memberikan pemaparan terkait Rencana Pelaksanaan Tes Seleksi Calon Perangkat Desa Tahun 2023. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Tim Pengangkatan Perangkat Desa, Tim Pengawas Kecamatan, Danramil Soko, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, BPD, Perangkat Desa, Ketua RT/RW, Ketua PKK dan Perwakilan dari Karang Taruna.

Dalam pemaparan yang disampaikan oleh pihak ketiga yang merupakan tim dari salah satu Universitas Swasta di Surabaya tersebut, Pelaksanaan Tes Seleksi Perangkat Desa Sokosari akan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) untuk ujian tulis bentuk Multiple Choice (pilihan ganda) yang terdiri dari 125 soal dengan waktu 150 menit dalam hitungan mundur, dan Tes Praktik Komputer akan diberikan soal dalam bentuk praktik penulisan menggunakan Microsoft Office (Ms. Word, Ms. Excel dan Ms. Power Point) dengan waktu 120 menit.

Dengan menggunakan ujian sistem CBT (Computer Based Test) diharapkan dapat meminimalisir kecurangan atau kebocoran soal ujian yang sering terjadi saat pelaksanaan ujian, mencegah keterbatasan dan kerusakan soal, serta meminimalisir kesalahan pengoreksian lembar jawaban dan hasil ujian juga dapat diketahui lebih cepat.